Pages

Senin, 20 Agustus 2012

Hijab Punuk Unta

Beberapa waktu ini ramai banget di FB ngomongin jilbab punuk unta. Sebenernya udah lama ada wacana seperti itu. Ada celotehan yang bilang gini " Udah berjilbab aja masuk neraka apalagi yang gag pake jilbab".

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, (hadist_)



صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا


“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat:
1. Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan,
2. Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)
 Bentuk punuk unta yang menonjol di atas
kalau digambarkan jilbab punuk unta itu bentuknya seperti ini:
 
Sebenernya hampir sama seperti jilbab-jilbab yang lagi tren sekarang dan lebih tren lagi dengan sebutan hijab. Padahal sependek pengetahuan Mae yang namanya hijab tuh gag seperti itu (walaupun Mae gag "berhijab")
Defini hijab setahu Mae:
Defini "hijab" sekarang yang lagi tren
Hijab Floral
Sekarang ini defini hijab mulai bergeser. Hijab yang berkembang adalah seperti penutup kepala dan mengedepankan yang penting menutup dada dengan bagian kepala dibikin "tinggi". kenapa Mae bisa bilang tinggi. Karena rambut digelung ke atas. Kalau rambutnya pendek gimana?Itu mah urusan gampang, sekarang banyak kok dalaman kerudung (ciput) yang ada cepolnya jadi kalau pake kerudung keliatan "tinggi". Mae juga punya dalaman krudung semacam ini tapi tidak digunakan dalam keseharian, biasanya Mae pake kalau ada acara tertentu.
Selain hijab punuk unta, sekarang juga lagi tren komunitas berhijab.Kalau dari tampilannya terlihat "elit", cantik dan umumnya memakai pakaian yang fashionable. Mae dulu sempet pengen ikutan soalnya pengen belajar juga cara pake jilbab seperti mereka. Tapi gag boleh sama Mo dan teman-teman Mae. Alasannya pertama:
1. Kerudungnya lama-lama terlihat lebay (tabrak warna, tabrak motif, gayanya lama-lama terlalu over)
2. lama-lama esensi berkerudungnya jadi gag keliatan (lebih ke fashionnya)
3. Walaupun itu terbuka buat semua golongan tapi pasti lama-lama terbawa juga dan ujung-ujungnya jadi konsumtif
Alasan di atas hanya pendapat aja sih dari temann-teman Mae (jangan ada yang tersinggung yah, just opinion). Tapi ternyata yang berpendapat seperti itu bukan cuman teman Mae yang muslim aja. Unee, teman Mae yang notabenenya non-muslim bilang kalau gaya berkerung seperti itu agak lebay dan bikin capek mata. Tapi benernya mau seperti apa balik lagi ke diri kita masing-masing. Toh tuntunan dari Nabi seperti apa dapat kita baca di Al-quran dan Hadist. ^^

0 komentar:

Poskan Komentar